KOMPAS.com - Rasa kantuk sering datang menyerang setelah makan. Sayangnya, rasa kantuk ini harus dilawan karena tidak sehat. Namun, kenapa habis makan tidak boleh langsung tidur? Ternyata, berbaring setelah makan bisa mengganggu sistem pencernaan sehingga menyebabkan berbagai masalah kesehatan, termasuk sulit tidur dan kenaikan berat badan. Selain menghindari kebiasaan tidur setelah makan, Anda juga diimbau untuk memberi jeda setidaknya satu jam setelah makan sebelum pergi tidur, atau setidaknya selama satu jam. Untuk lebih memahaminya, simak efek tidur setelah makan berikut ini. 

Disarikan dari Self dan Livestrong, berikut adalah beberapa efek tidur setelah makan yang perlu diwaspadai. Menyebabkan gangguan pencernaan Makanan yang masuk dapat dicerna oleh tubuh ketika posisi badan dalam keadaan tegak. Ketika pencernaan memproses makanan dalam posisi badan berbaring, gravitasi akan membuat asam lambung bisa naik ke esofagus atau kerongkongan. Kebiasaan ini kemudian menyebabkan terjadinya heartburn yang memicu berbagai gejala, seperti munculnya rasa perih dan terbakar di dada. Selain itu, tidur setelah makan juga bisa menyebabkan dispepsia yang memicu rasa nyeri, mual, tidak nyaman, dan cepat kenyang. Heartburn dan dispepsia yang terjadi sesekali tidak perlu dikhawatirkan. Namun, Anda perlu segera mencari bantuan medis ketika gejala yang muncul berlangsung lama dan sering karena bisa jadi merupakan masalah kesehatan yang lebih serius.

Membuat tidur tidak nyenyak Perut yang terasa penuh atau terlalu kenyang bisa mengganggu kualitas tidur. Makanan dan minuman yang dikonsumsi bisa meningkatkan frekuensi buang air kecil atau buang air besar di malam hari sehingga tidur akan terganggu. Makan sebelum tidur juga akan mencegah tubuh untuk masuk ke dalam fase deep sleep di mana sistem otak dan tubuh melambat sehingga bisa lebih segar ketika bangun. Kondisi ini kemudian membuat Anda lebih lelah dan merasa sakit kepala di pagi hari. 

Memicu kenaikan berat badan Beberapa ahli percaya bahwa tidur setelah makan dapat menyebabkan kenaikan berat badan. Meskipun kaitan antara keduanya tidak terlalu jelas, makan sebelum tidur dipercaya bisa mengganggu fungsi metabolik tubuh sehingga menyebabkan kenaikan berat badan. Selain itu, makan sebelum tubuh juga bisa mengganggu ritme sirkadian yang merupakan jam biologis di dalam tubuh. Ritme sirkadian memberikan sinyal pada tubuh untuk makan dan beraktivitas di siang hari dan tidur di malam hari. 

Ketika Anda makan di malam hari sebelum tidur, maka ritme sirkadian akan terganggu dan memberi dampak negatif pada kesehatan. Mengetahui alasan kenapa habis makan tidak boleh langsung tidur di atas sangatlah penting agar Anda bisa menghindari kebiasaan ini. Sebagai tindakan pencegahan, Anda diimbau untuk memberi jeda sebelum tidur setelah makan, atau setidaknya selama satu jam. Namun, Anda perlu memberikan jeda yang lebih banyak ketika makanan yang dikonsumsi memiliki porsi yang besar dan memiliki kandungan lemak yang tinggi.

Sumber : https://health.kompas.com/read/23G13124539868/kenapa-habis-makan-tidak-boleh-langsung-tidur?

 

 

 

 

Share This Article

Berita Selanjutnya

July 12, 2023 • 9:20AM

Berita Sebelumnya

July 15, 2023 • 2:55PM

Topik

From Our Blog