ampsr.jpg

Direktur Rumah Sakit Umum Daerah dr. Slamet Garut dr. Husodo Dewo Adi, Sp.OT (K).,Spine menerima langsung Kunjungan dari Tim Pendampingan Pelaksanaan Audit Maternal Perinatal Surveilans dan Respon (AMPSR) kepada Lokus Rumah Sakit Permodelan AMPSR dari Kementrian Kesehatan dan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat. 

ampsr-2.jpg

Audit Maternal Perinatal Surveilans dan Respon (AMPSR) merupakan kegiatan menganalisis secara mendalam untuk mencari akar permasalahan dan rekomeadasi atau solusi baik jangka pendek, menengah mauapun jangka panjang yang dapat dilakukan untuk mengurangi Angka KEmatian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB).

Kunjungan Tim Audit Maternal Perinatal Surveilans dan Respon (AMPSR) dipimpin langsung oleh Project Manager Officer (PMO) Direktorat Jendral (Ditjen) Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Kemenrian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia dr. M. Yusuf, MKM. Pada tanggal 15 Juni 2023 di Ruang Komite Medik Rumah Sakit Umum Daerah dr. Slamet Garut.

Tujuan daripada dilakukannya Audit Maternal Perinatal (AMP) ini adalah untuk mencegah kesakitan dan kematian yang akan datang serta dalam rangka mempercepat penurunan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB).  Kunjungan dari Tim AMPSR Kementrian Kesehatan Republik Indonesia dan Dinas Provinsi Jawa Barat merupakan kunjungan yang ke dua dari rangkaian pendampingan  sebelumnya.

WhatsApp Image 2023-06-15 at 17.32.51.jpeg

 Kunjungan pemdampingan ke tiga ini dihadiri oleh Tim dari Kementrian Kesehatan Republik Indonesia dan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat, yaitu :

1.    dr. H. Yusuf, MKM selaku Project Management Office (PMO) Setditjen Kesmas.

2.    Floren Staf Gizikia dari Kementrian Kesehatan

3.    dr. Alfrida Camelia,M.SC sebagai Fasilitator AMPSR Nasional

4.    dr. Amy dari Direktorat Mutu Layanan Kesehatan

5.    dr. Eka Bidang KIA Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat

6.    dr. Dini, Sp.OG(K) dari Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung

7.    dr. Fiva, Sp.A(K) dari Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung

Dalam kunjungan ini memaparkan beberapa materi terkait AMPSR, hasil rekomndasi kunjungan offline yang kedua dan pemaparan dari komite mutu terkait progress yang sudah tercapai dari hasil rekomendasi kunjungan sebelumnya. Diharapkan dengan adanya Audit Maternal Perinatal (AMP) ini diharapkan mutu terhadap pelayanan terhadap IBU dan Bayi semakin meningkat sehingga Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB)  dapat diturunkan.

 

Share This Article

Topics

Berita kami