Jakarta - Tomat adalah salah satu jenis buah-buahan yang umum dikonsumsi masyarakat Indonesia. Bahkan, kamu dapat dengan mudah menemukan tomat dalam berbagai hidangan makanan, salah satunya ada di soto mie.
Atau, banyak juga masyarakat yang mengkonsumsi tomat dengan cara di jus. Sebab, tomat kaya akan zat dan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh.

tomat.jpeg

Penasaran, apa saja sih kandungan nutrisi dalam tomat? Lalu, apa manfaat yang didapat jika rutin mengkonsumsi tomat? Simak penjelasannya secara lengkap dalam artikel berikut ini.

Kandungan Nutrisi Tomat
Mengutip Healthline, hampir 95% kandungan di dalam tomat adalah air. Lalu, 5% lainnya sebagian besar terdiri dari karbohidrat dan serat.

Untuk lebih jelasnya, simak kandungan nutrisi di dalam 100 gram tomat di bawah ini:

Kalori: 18 kal
Air: 95%
Protein: 0,9 gram
Karbohidrat: 3,9 gram
Gula: 2,6 gram
Serat: 1,2 gram
Lemak: 0,2 gram
Selain itu, tomat juga mengandung sejumlah vitamin dan mineral, seperti vitamin C, vitamin K1, vitamin B9 (folat), hingga kalium. Selain itu, tomat juga mengandung berbagai antioksidan seperti likopen, lutein, dan zeaxanthin.

Manfaat Tomat untuk Kesehatan Tubuh
Dengan segudang kandungan nutrisi, vitamin, dan mineral di dalamnya, hal ini membuat tomat punya banyak manfaat untuk tubuh. Dilansir dari berbagai sumber, berikut sejumlah manfaat tomat bagi kesehatan.

1. Menjaga Daya Tahan Tubuh
Manfaat tomat yang pertama adalah dapat menjaga daya tahan tubuh. Sebab, kandungan likopen di dalam tomat mampu melawan molekul radikal bebas yang dapat merusak sel-sel di dalam tubuh, sehingga detikers punya imun tubuh yang kuat dan jadi nggak gampang sakit.

2. Mencegah Kolesterol
Kandungan likopen pada tomat juga berkhasiat untuk mencegah kolesterol. Mengutip situs WebMD, dari hasil sejumlah penelitian ditemukan bahwa tomat dapat membantu menurunkan kadar Low Density Lipoprotein (LDL) atau kolesterol jahat.

Karena dapat mencegah kolesterol, hal ini juga turut mengurangi risiko terkena penyakit jantung. Lalu, kandungan vitamin B, E, serta antioksidan juga dapat meningkatkan kesehatan jantung.

3. Mencegah Kanker
Rutin mengkonsumsi tomat dipercaya dapat mencegah seseorang terserang kanker. Soalnya, tomat mengandung likopen yang dapat mencegah pertumbuhan dan penyebaran sejumlah jenis kanker, seperti kanker prostat, kanker paru-paru, hingga kanker lambung.

Lalu, sejumlah peneliti juga menemukan bahwa kandungan karotenoid pada tomat diyakini dapat menghambat penyebaran kanker payudara. Namun, hal ini masih dalam tahap penelitian lebih lanjut oleh para ahli.

4. Mengatasi Sembelit
Dilansir Medical News Today, tomat juga berkhasiat untuk mengatasi sembelit. Hal ini disebabkan banyaknya kandungan air di dalam tomat, sehingga membantu kamu tetap hidrasi serta memperlancar sistem pencernaan.

Selain itu, jumlah serat yang tinggi di dalam tomat turut membantu mengurangi perut sembelit. Alhasil, BAB jadi lebih lancar.

5. Menjaga Kesehatan Mata
Tomat mengandung zat yang disebut lutein dan zeaxanthin yang dapat membantu melindungi mata dari bahaya sinar biru yang dipancarkan oleh layar perangkat digital, seperti televisi, laptop, komputer, hingga smartphone.

Tak hanya itu, tomat juga dapat membantu menjaga mata agar tidak mudah lelah. Sebab, mata lelah kerap membuat seseorang merasakan sakit kepala hingga tidur kurang nyenyak.

6. Melembabkan Kulit Wajah
Manfaat tomat berikutnya adalah dapat melembabkan kulit wajah. Soalnya, kandungan vitamin C pada tomat dapat merangsang produksi kolagen di dalam tubuh, sehingga dapat melembabkan kulit wajah dan mencegah kulit kering.

7. Mencerahkan Kulit
Tak hanya melembabkan kulit, tomat juga berkhasiat untuk mencerahkan kulit agar tetap berseri. Menurut sejumlah penelitian, kandungan antioksidan dan vitamin C pada tomat berperan besar dalam mencerahkan kulit.

Jika ingin merasakan manfaat tomat untuk kesehatan kulit, cobalah untuk menggunakan masker tomat secara rutin. Selain membuat kulit cerah dan bercahaya, masker tomat dapat mengurangi pigmentasi, kusam, dan bintik hitam.

8. Menjaga Kesehatan Paru-paru
Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa tomat dapat menjaga kesehatan paru-paru, salah satunya membantu mencegah emfisema bagi penderita asma. Sedikit informasi, emfisema adalah suatu kondisi di mana kantung udara secara perlahan dapat merusak paru-paru.

Para ahli meyakini bahwa kandungan likopen, lutein, dan zeaxanthin berperan penting dalam menjaga kesehatan paru-paru. Namun, dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mempelajari manfaat tersebut.

9. Mengontrol Tekanan Darah
Bagi detikers yang memiliki riwayat hipertensi, dianjurkan untuk mengkonsumsi tomat secara rutin. Mengutip E-jurnal milik faperta.umsu.ac.id, kandungan kalium pada tomat dipercaya dapat mengontrol tekanan darah agar tetap normal.

Para peneliti mengungkapkan bahwa kandungan kalium pada tomat mampu mengurangi efek natrium, yang mana dapat meningkatkan tekanan darah. Jadi, tak ada salahnya untuk mulai rutin mengkonsumsi tomat.

10. Melindungi Kulit dari Sinar UV
Manfaat tomat yang terakhir adalah dapat melindungi kulit dari sinar UV. Sebuah studi yang dilakukan oleh Photochemical and Photobiological Sciences, menemukan bahwa mengkonsumsi tomat dapat melindungi kulit dari sinar UV matahari.

Hal ini disebabkan oleh kandungan likopen pada tomat yang dapat melindungi kulit dari efek sengatan matahari (sunburn). Dalam studi yang dilakukan selama 12 minggu itu, para peneliti mengamati penurunan kepekaan di antara peserta yang makan tomat dan makanan lainnya yang tinggi likopen.

Tapi perlu diingat, bahwa belum ada bukti ilmiah terbaru mengenai manfaat tomat untuk kulit yang diperoleh dengan cara dioleskan ke kulit.

Nah, itu dia 10 manfaat tomat untuk kesehatan tubuh beserta kandungan nutrisi di dalamnya.

Sumber :  https://food.detik.com/info-sehat/d-6774690/10-manfaat-tomat-untuk-tubuh-cegah-kolesterol-hingga-cerahkan-kulit.

 

Share This Article

Berita Selanjutnya

June 16, 2023 • 2:55AM

Berita Sebelumnya

June 19, 2023 • 7:08AM

From Our Blog